Sabtu, 02 Maret 2013

Jack Dorsey: Kutu Komputer, Bikin Twitter, Kini Pacari Supermodel

Jakarta - Twitter telah menjelma menjadi situs mikroblogging populer dengan jumlah pengguna terdaftar di kisaran 500 juta. Salah satu sosok yang berperan penting dalam kelahiran Twitter adalah Jack Dorsey.

Bersama Biz Stone dan Evan Williams, Dorsey menggagas Twitter pada tahun 2006. Saat ini, Dorsey memegang jabatan Chairman di situs dengan logo burung tersebut.

Seperti apa riwayat kehidupan Dorsey dan seberapa mewah gaya hidupnya berkat kesuksesan Twitter? Simak berikut ini yang dikutip detikINET dari berbagai sumber.

1. Gemar Komputer Sejak Kecil

Barangkali, salah satu ciri umum para pentolan di dunia teknologi adalah gemar mengutak-atik komputer sejak masa kecil. Demikian juga dengan Jack Dorsey.

Ia lahir pada 19 November 1976 di St Louis, Missouri, Amerika Serikat. Dorsey mengaku sudah diperkenalkan pada komputer sejak usia 8 tahun sehingga sudah akrab dengan teknologi saat masih belia, bahkan bisa dibilang dari kecil sudah jadi 'kutu' komputer.

Pada usia 13 tahun saat menempuh masa SMA, dia mulai melakukan pemrograman. Dua tahun kemudian, dia berhasil menciptakan sebuah software open source untuk mengatur komunikasi taksi yang masih digunakan hingga saat ini.

Dorsey kemudian kuliah di Missouri University of Science & Technology, kemudian pindah ke New York University. Dia tidak sempat menyelesaikan kuliahnya.

2. Menciptakan Twitter

Tidak menamatkan kuliahnya, Dorsey memilih pindah ke Oakland, California pada tahun 2000. Dia mendirikan perusahaan yang menawarkan software ciptaannya melalui internet.

Pada suatu hari, Dorsey mendapat ide untuk menciptakan sebuah website yang mewadahi komunikasi singkat secara real time. Yakin idenya bagus, dia mendekati sebuah perusahaan bernama Odeo untuk menawarkan konsepnya.

"Dia datang kepada kami dengan ide bagaimana jika kita bisa berbagi pesan dengan teman secara mudah?," kata Biz Stone, mantan eksekutif Odeo.

Dorsey, Stone dan pendiri Odeo, Evan Williams, akhirnya memutuskan mendirikan perusahaan baru bernama Obvious. Perusahaan ini kemudian berubah namanya menjadi Twitter.

Dalam waktu 2 minggu, Dorsey berhasil membuat website prototipe yang sederhana di mana user bisa memposting pesan dalam 140 karakter. Inilah cikal bakal situs Twitter yang kita kenal sekarang.

3. Memposting Tweet Pertama

Pada tanggal 21 Maret 2006, Jack Dorsey memposting Twitter pertama di dunia. "Just setting up my twttr", tulis Dorsey.

Memang Twitter sempat bernama twttr sebelum dirubah ke namanya yang sekarang. Dorsey pun ditunjuk sebagai CEO pertama Twitter.

Pada tahun 2009, posisi CEO digantikan oleh Evan Williams. Kemudian Dick Costolo menjadi suksesor WIlliams dan memegang jabatan itu sejak tahun 2010 sampai sekarang.

Twitter makin digemari dan mulai melesat antara tahun 2009 sampai tahun 2010. Sebanyak 100 juta user baru Twitter bergabung di tahun 2010. Pada tahun 2012, popularitasnya makin tidak terbendung.

Namun Dorsey percaya Twitter akan lebih berjaya lagi. "Saya kira Twitter adalah sebuah kesuksesan bagi kami ketika orang berhenti membicarakannya dan menggunakannya seperti memakai listrik," kata Dorsey suatu ketika.

4. Hidup Berlimpah Harta

Berkat kesuksesan Twitter, Dorsey pun kecipratan harta yang tidak sedikit. Jumlah kekayaan terbarunya di kisaran USD 1,1 miliar.

Pertengahan tahun 2012, Dorsey membeli sebuah rumah sangat mewah yang berlokasi di teluk San Francisco. Kabarnya, rumah itu seharga USD 9,9 juta atau sekitar Rp 90 miliar.

Rumah mewah ini tersembunyi di atas tebing berbatu di atas ketinggian Teluk San Francisco. Saking nyaris tidak terlihatnya, media teknologi AS sampai berkelakar menyebut rumah ini cocok dijadikan sebagai tempat persembunyian musuh James Bond.

Dengan harga fantastis, mansion Dorsey ini memiliki atap kaca dan pemandangan langsung menghadap ke Jembatan Golden Gate.

Jack juga kerap berwisata menggunakan kapal mewah. Belum lama ini, dia berwisata dengan kapal yang bertarif USD 240 ribu per minggu.

Selain di Twitter, Dorsey memang punya perusahaan mobile payment bernama Square yang menambah pundi-pundi uangnya. Ia juga berinvestasi di FourSquare.

5. Punya Pacar Supermodel

Di usia 36 tahun, Dorsey memang belum menikah. Namun ia diketahui menggandeng pacar seorang supermodel asal Inggris bernama Lily Cole.

Baru-baru ini, Lily dan Dorsey menghabiskan malam tahun bersama dengan menyewa kapal pesiar mewah. Lily sendiri mempunyai latar belakang pendidikan yang cemerlang.

Selain cantik, dia juga berotak pintar. Lily memegang gelar sarjana dari jurusan sejarah di universitas bergengsi Cambridge University.

Lily juga termasuk wanita muda terkaya di Inggris Raya. Pada tahun 2009, dia meraih pendapatan 11 juta poundsterling.




Popular Posts

Kakashi Turning Into A Stump